Perangkat Lunak (Software)

Share on :
Perangkat lunak / software, setiap orang pasti ssudah tidak asing dengan istilah tersebut karena sering dipakai pada kehidupan sehari-hari. Meskipun sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari tidak menutup kemungkinan banyak orang yang belum mengetahui arti sebenarnya dari perangkat lunak tersebut. Apakah arti dari Perangakat Lunak sebenarnya?
Perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data tersebut dapat berupa instruksi atau program untuk menjalankan suatu perintah yang diberikan user(manusia). Melalui perangkat lunak inilah suatu komputer dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

Terdapat beberapa macam perangkat lunak, yaitu :
1. Perangkat lunak aplikasi (aplication software)
Aplication software dapat digolongakan menjadi beberapa kelas, diantaranya :
·         Pernangkat lunak perusahaan
·         Pernangkat lunak infrastruktur perusahaan
·         Pernangkat lunak informasi kerja
·         Pernangkat lunak media dan hiburan
·         Pernangkat lunak pendidikan
·         Pernangkat lunak pengembangan media
·         Pernangkat lunak rekayasa produk
2. Sistem operasi (operating system)
Meruapakan sebuah software yang menjadi sistem operasi atau inti dari sebuah komputer. Contoh : Windows, Mac OS, Linux, Unix, dll.
-          Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool).
Sebuah software yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.

-          Perangkat lunak menetap (firmware)
Istilah yang mengacu kepada rutin-rutin perangkat lunak yang disimpan di dalam memori hanya baca. Tidak seperti Memori Akses Acak, MHB tidak akan dapat berubah meski tidak dialiri listrik. Rutin-rutin yang mampu menyalakan komputer (startup) serta instruksi input/output dasar (semacam BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan di dalam perangkat tegar.

-          Perangkat lunak bebas (free libre software)
Istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun.

Contoh perangkat lunak bebas :
·         Sistem operasi : GNU/Linux, BSD, Debian, Ubuntu, dl.
·         Pemutar media : Rythmbox, VLC, Amarok, dll.
·         Kompilator GCC, GDB debugger dan C libraries
·         Dan masih banyak lagi.

-          Perangkat lunak uji coba (shareware/trialware)
Sering disebut Aplikasi Trial, merupakan perangkat lunak berpemilik atau memiliki hak cipta yang disediakan secara gratis oleh pengembang untuk uji coba dan biasanya dibatasi oleh waktu atau fiturnya. Perangkat lunak ini sering ditawarkan kepada pembeli melalui situs web, koran, majalah, buku disertai dengan bacaan berupa keping CD/DVD sebelum pembeli membeli versi yang lengkap.

-          Perangkat lunak gratis (freeware)
Berbeda dengan Shareware yang harus membayar jika ingin mendapatkan versi lengkapnya, pengguna perangkat lunak freeware tidak perlu membayar untuk mendapatkan versi lengkapnya, karena pengembang biasanya membuat perangkat lunak tersebut untuk disumbangkan kepada komunitas, namun tetap menjaga hak ciptanya.

-          Perangkat lunak perusak (malware)
Merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer atau jaringan komputer tanpa sepengetahuan pemiliknya.
Ciri – ciri perangkat perusak pencuri data :
·         Tidak meninggalkan jejak
·         Seringkali berubah dan bertambah fungsinya
·         Menghalangi sistem pelacakan penerobosan sesudah pemasangan yang berhasil
·         Menghalangi penyandian aman cakram
·         Menghalangi pencegahan hilangnya data

Contoh – contoh perusak pencuri data :
·         Bancos : pencuri informasi yang menunggu pengguna untuk membuka situs perbankan lalu mengalihkan halaman situs asli ke yang palsu untuk mencuri informasi yang rahasia/peka.
·         Gator : perangkat pengintai yang memantau kebiasaan penjelajahan web dengan rahasi dan mengunggah data ke paladen untuk penyelidikan. Kemudian menyajikan iklan sembul.
·         LegMir : perangkat pencuri informasi data pribadi seperti nama akun dan kata sandi dalam permainan daring.
·         Qhost : kuda troya yang mengunggah file induk agar data dapat dialihkan ke paladen DNS yang berbeda sewaktu situs perbankan dibuka. Kemudia halaman masuk sesi yang palsu terbuka untuk mencuri informasi masuk sesi dari lembaga keuangan.



Source : Wikipedia

0 komentar on Perangkat Lunak (Software) :

Post a Comment and Don't Spam!